Minggu, 01 Maret 2015




SISTEM BERKAS
1.       MASTER FILE
-file induk acuan (reference master file) : file induk yang recordnya relatif statis, jarang berubah nilainya. Misalnya file daftar gaji, file mata pelajaran.
2.       TRANSACTION FILE
Yaitu file yang berisi informasi yang digunakan untuk memperbaharui file master.sehingga dengan adanya file transaksi ini,file master dapat berubah sesuai dengan informasi yang ada di file tersebut.File ini bisa disebut file input; digunakan untuk merekam data hasil dari transaksi yang terjadi. Misalnya file penjualan yang berisi data hasil transaksi penjualan.
3.       REPORT FILE
Yaitu file yang berisi data yang dibuat untuk laporan atau keperluan user,file ini hanya bisa dicetak pada kertas printer atau hanya ditampilkan dilayar monitor.File ini bisa disebut output file, yaitu file yang berisi informasi yang akan ditampilkan.
4.       WORK FILE
 Yaitu file sementara dari system yang merupakan alat untuk melewatkan data yang dibuat oleh program ke program lain.dalam hal ini adalah proses perubahan file master dengan menggunakan file transaksi sebagai file pengganti atau perubahannya.
5.       PROGRAM FILE
Yaitu file yang berisi instruksi-instruksi untuk memproses data yang akan disimpan pada file lain atau pada memori utama.Instruksi-instruksi tersebut ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman seperti BASIC ,COBOL,FORTRAN,bahasa assembler dan lain sebagainya.
6.       TEKS FILE
Yaitu file yang berisi input data alphanumeric dan grafik yang digunakan oleh sebuah teks editor program.Teks file ini hanya dapat diproses dengan menggunakan teks editor.
7.       DUMP FILE
Yaitu file yang digunakan untuk tujuan pengamanan(security),mencatat tentang kegiatan pengupdetan ,sekumpulan transaksi yang telah diproses atau sebuah program yang mengalami kekeliruan .Dump file ini merupakan jenis file yang bersifat sementara.



8.       LIBRARY FILE
Yaitu file yang digunakan untuk penyimpanan program aplikasi ,program utilitas atau program lainnya.File ini bersifat tetap yang merupakan file sempurnanya dari dump file.itulah perbedaan antara dump file dengan library file ,dimana dump file hanya file sementara yang masih dalam proses perbaikan atau pengembangan sedangkan file library merupakan file finishing dari dump file.
9.       HISTORY FILE
File ini bisa disebut file arsip (archival file), merupakan file yang berisi data masa lalu yang sudah tidak aktif lagi, tetapi masih disimpan sebagai arsip. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar